Minggu, 16 Januari 2011

Cara Aman Belanja Online. Mesti Tau!

Belanja lewat internet itu sangat menyenangkan. Anda tinggal klik dan barangnya akan dikirim ke alamat anda. Kalau belanjanya dari toko online di luar negeri mungkin akan sedikit lama waktu pengirimannya tapi bila anda belanja dari toko lokal atau dalam negeri dalam satu malam pun barangnya sudah bisa kita terima.
Belanja online itu jauh lebih mudah dibandingkan ketika kita memesan makanan cepat saji seperti KFC 14022. Seperti yang saya katakan tadi anda tinggal klik, memilih barang atau produk yang anda inginkan lalu bayar. Saking mudahnya sampai-sampai banyak orang yang ketagihan dengan cara belanja online ini. Budaya berbelanja online bahkan sudah menjadi suatu kebiasaan yang ‘biasa’ di negara seperti Amerika, Kanada, Australia dan Eropa. Cara belanja online sangat digemari di luar negeri karena selain simpel, juga bisa menghemat waktu dan terlebih anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lagi.
Nah.. Persoalannya, belanja online itu sangat riskan, penuh bahaya dan banyak lubangnya. Iya, banyak celah di internet yang bisa digunakan oleh orang-orang jahat untuk menipu dan mengambil keuntungan. Apalagi kalau kita tidak hati-hati, ceroboh dan kurang tahu tentang cara belanja online yang aman.
Agar belanja online anda aman silahkan perhatikan:
1. URL atau alamat Permalink toko online tersebut. Cek apakah memang sudah betul, tidak ada salah ketik atau huruf yang kurang. Cek url-nya, isinya ya bukan url yang nampak, source url bisa dilihat dengan klik kanan terus view source. Bila anda meng-klik alamat website toko online dari email atau di web/blog lain pastikan URL-nya cocok dengan yang nampak di bagian bawah jendela browser anda. Biasakan mem-bookmark alamat situs belanja atau toko online tersebut jadi anda tidak perlu mengetik ulang lagi dan beresiko salah ketik bila ingin mengunjungi situs tersebut.
2. Perhatikan ‘Secure HTTP’ dimana biasanya alamat url toko online tersebut ketika kita login terdapat ‘https’ atau gambar kunci di box alamat browser seperti misalnya: https://signin.ebay.com/. Ini menadakan bahwa data yang akan anda masukkan seperti username dan password akan terinkripsi (disandi) sehingga kemungkinan pencurian password bisa dicegah.
3. Gunakan akun PayPal anda dibanding menggunakan Kartu Kredit . Dengan PayPal anda tidak perlu secara langsung mengekspos Credit Card anda. Belanja dengan credit card sebenarnya sangat aman asal memperhatikan hal no.1&2 di atas dan menjaga kerahasiaaan 4 digit terakhir nomor kartu kredit anda. Yang jelas jangan pernah menggunakan kartu debet untuk transaksi online di internet. Di luar negeri kadang kartu debet bisa digunakan transaksi online.
4. Pada merchant atau toko online tertentu pada saat mendaftar untuk pertama kali kita akan diminta memasukkan informasi tertentu seperti security question, alamat lengkap, kode pos dll yang sederhana tapi sebenarnya penting. Isi dengan benar karena ini bisa anda gunakan untuk mengklaim bahwa anda lah yang benar-benar memiliki akun tersebut suatu saat bila akun anda dibajak atau dipake oleh orang lain ini diperlukan.
5.Gunakan password dan security question yang kompleks tapi mudah bagi anda mengingatnya. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, tanda baca, angka dll.
6. Belanja di tempat yang reputable atau terpercaya. Bila anda menemukan tempat belanja online baru anda mungkin bisa menanyakannya ke teman anda atau cari review-nya di internet. Sekarang ini anda juga bisa berbelanja dengan aplikasi mobile di handphone. Mobile app ini sejauh aplikasi tersebut aplikasi resmi dan terpercaya boleh anda gunakan seperti belanja melalui BlackBerry App World tentu saja aman.
7. Berhati-hati dengan SMS. SMS text menggunakan jalur data yang tidak terenkripsi sehingga tidak aman. Jangan mengirim informasi penting melalui sms.
8. Perhatikan transaksi di akun kartu kredit atau rekening tabungan anda. Biasanya bank sudah menciptakan sistem tertentu untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan akun oleh orang yang tidak berhak tapi kita tetap mesti berhati-hati. Jangan segan-segan untuk menelpon bank anda bila menemukan transaksi yang janggal atau tidak biasa.
Dan terakhir yang mesti anda ingat, selalu sign out ketika sudah mengakses akun termasuk email, forum seperti Kaskus, Facebook, Twitter dll. Memang awalnya repot tapi kalau sudah terbiasa akan terasa mudah. Selain itu set browser anda ke ‘Private Browsing’ atau pilih ‘Do not remember history’. Umumnya browser seperti Mozilla Firefox dan Apple Safari sudah memiliki fitur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar